Siapa bilang ga mau maju

Tulisan saya di bloger yang nyeritain peristiwa ojek online yang di tumpangin teman saya dicegat sama orang-orang opang udah gue hapus. Takutnya ntar yang baca malah negatif thinking banget sama opang.

Aku ki wes pernah ngomong, dalam konflik itu udah ga ada istilah victim sama villian. Semua sama-sama sakit. Pun termasuk konflik ojek online sama opang.

Saya mungkin perlu mengistighfari lintasan pikiran saya yang kesel pengen bilang:

“orang-orang kurang wawasan yang ditinggal zaman”

Segala bentuk sweeping kayak gini adalah bentuk perlawanan karena ngerasa nggak ada pilihan.

Wawasan, pola pikir, dan apa yang kita alami sehar-hari itu membentuk mentalitas. Dan temen-temen yang melawan ini mungkin sehari-harinya emang biasa dihadapkan pada kondisi ga punya pilihan atau pilihan yang ga pernah berpihak kepada mereka. Maka setiap perubahan itu jadi terasa akan membunuh mereka. Mental ini juga yang ngebuat mereka suka menggunakan uang utk kenikmatan instan etc etc…

Pas ngobrolin kenapa PnPM ga banyak berhasil, banyak banget yang nyalahin masyarakat yang ngejual gerobak dan memakai modal yang dikasih pemerintah untuk keperluan instan. Buat DP motor misalnya. Terus motornya ga dipake kerja. Dan ga kuat bayar cicilan. Endingnya itu motor disita dealer. Saya sering banget nemu yang kayak gini. Karena saya juga pernah di posisi yang sama.

Saya sendiri lahir dan besar di daerah pedesaan yang sebagian besar masyarakatnya kerja di pabrik dengan akad outsourcing. Malah di tempat lain, Kontraknya habis tiga bulan sekali. Tiga bulan kerja, sebulan nganggur. Polanya udah kayak gitu terus. Masuk pabrik titip lowongan. Bayar pula. Bah...

Sampai sekarang, orang di sekitar saya mikir kalo sekolah tinggi itu buang-buang duit. Dan ga sekolah pun bisa tetep hidup. Konyolnya, sampe sekarang mereka percaya kalo untuk masuk PTN/PTS hanya untuk orang yg berduit. Dan hanya untuk orang yg mempunyai intelegensi di atas rata-rata.

Saya sama sekali ga marah dengan pemikiran macem itu. Dan ga ngerasa perlu ngebuktiin apapun.

Hanya yang bikin saya sedih adalah, kondisi kayak gitu kadang cuma dikomentari sama kelas menengah yang semua kebutuhannya tercukupi dan well educated dengan komentar tak berperasaan:

“Emang mentalitasnya gitu. Ga mau maju”

Dulu pas masih aktif di sosmas, saya juga kesel banget lihat anak-anak lulus SMP udah dinikahin. Terus habis gitu punya anak, KDRT sama suami. Ditinggal. Dan menambah jumlah anak terlantar.

It hurts me so much.

Saya pernah ngerasain punya sudut pandang bahwa PTN / PTS cuma bisa diakses orang-orang kaya. Pernah punya bayangan kalo ntar saya bakal kerja di pabrik. Berdiri 8-12jam dengan kaki saya yang dulunya dipake jalan 5 km aja bengkak. Sampai akhirnya pas saya ikut seminar di suatu tempat di solo dan ketemu sama orang-orang dari universitas, saya jadi nyadar kalo kita sebenernya punya pilihan. Hanya pilihan tersebut ga selalu kelihatan. Mungkin masih ada beberapa yang masih inget salah satu jargon saya. " Segala hal yg ada di dunia ini merupakan takdir, adanya pilihan itu cuma omong kosong, sebab kecenderungan kita memilih jg merupakan takdir". Jadi takdir - pilihan itu tumpang tindih.

That’s why dulunya saya juga sempet sepakat kalo being rich is sometimes injustice, ya soalnya ga bisa dipungkiri, orang kaya itu punya pilihan yang lebih banyak daripada yang miskin.

Tapi pas saya di posisi saya yang sekarang, saya nyadar kalo teori itu ga sepenuhnya benar. Yang ngebuat kita punya pilihan, ga melulu harta, tapi juga ilmu dan tekad baja yang ngebuat kita ga menyerah pas lihat jalan yang seolah buntu.

Aku wani ngomong ngunu kui mergane aku seng wes pernah klakoni, nguli bangunan, dadi clening service neng Solo square & luwes kartosuro, weither resto, op warnet y wes tahu. Tapi saya punya mimpi pada waktu itu, yakni mengecap bangku pendidikan yang lebih tinggi. Karena saya percaya " Salah satu cara untuk meningkatkan taraf / drajat hidup seseorang ialah lewat pendidikan", kenapa saya bilang cuma salah satu. Karena sebetulnya banyak cara, bisa dengan jadi ustad mungkin, berwiraswasta etc.. okeh pokoke.

Balik lagi ke orang-orang yang seolah ga punya pilihan macam mang opang ato tetangga-tetangga saya. Saya dulu sering deketin tetangga-tetangga saya yang usia SMA. Saya coba ngasih tau tentang bidikmisi yang gratis. Dan mereka tetep ga percaya kalo itu gratis. Pas saya nyuruh mereka belajar rajin dari kelas 1 SMA / SMK, mereka tetep bilang:

“Soalnya susah mas jo. Mending kerja pabrik aja”

Saya antara ngerasain putus asa, kesel, pengen teriak. Sampe kapan kalian kerja pabrik? jadi outsorcing yang diperes tenaganya doang?

Sungguh ga gampang nunjukin ke orang kalo mereka punya pilihan. Soalnya emang udah bertahun-tahun ditindas perasaan ga punya pilihan. Pengen jadi PNS ada yang nipu. Udah bayar 70 juta, tetep ga lolos. Terus yang nipu bilang kalo posisinya dilelang. Jadi kalo mau lolos, harus bayar yang lebih banyak *tepok jidat*. Kerja di pabrik aja kalo nitip lamaran, masih tega ditarik duit 500ribu. Padahal kontrak cuma bebera bulan dan pendapatan rata-rata per bulan ga sampe 2 juta + lembur. Dan masih banyak lagi. Ke orang-orang yang kayak gini, apa ya masih tega bilang:

“dasyar masyarakat yang nggak mau maju”

huh…

“dasyar kelas menengah ngehek yang ga bersyukur”

Dulu, saya punya cita-cita jadi jurnalis & penulis. Punya cita-cita pengen jadi ini dan itu dan sampe sekarang terobsesi sama pendidikan non formal untuk anak-anak di desa saya. Saya pengen sebelum mereke tertindas “perasaan ga punya pilihan”, mereka ngelihat pilihan itu lebih awal lewat akses informasi yang lebih baik. Saya juga pengen banget aktif di filantropi karena saya tau kalo orang yang lagi laper, itu seharusnya ditunaikan dulu haknya buat dikasih makan. Bukan dikasih nasihat.

Makanya saya sakit hati banget pas ada orang yang bilang orang desa ato orang-orang miskin itu tontonannya cuma sinetron terbang naik elang. Makanya pikirannya kayak gitu-gitu aja.

“ya emang mereka elu yang bisa langganan Netfilx? National Geographic? Fox? HBO? Nonton bioskop 21??”

Saya sempet kesel sama orang TV yang pas gue tanya, “Kenapa sih program macam xyz dan abc yang isinya joget doang dan guyonan ga mutu dipertahanin? Ga mendidik”.

“Yaa kan tugas gue ngehibur day. Bukan ngedidik. Pendidikan mah tugas lo yang di kampus”

“arrrghh______ WTF xnxjkskskagrwkks___”

“Ya emang seleranya masyarakat gitu”

“Kata siapa? Kata AC Nielsen? Lo yakin selera masyarakat emang kayak gitu? Bukan karena lo yang ngebentuk selera masyarakat yang kayak gitu? Karena mereka ga punya pilihan?”

Sesungguhnya, orang macam saya, ga pernah nganggep dangdut itu norak. Karena saya sendiri kadang masih dengerin Rita Sugiarto dan kadang juga dengerin campur sari. Saya ga gengsi dan nganggep, it’s so wong ndeso -

Yang saya masalahin adalah cerita dalam sinetron, guyonan-guyonan ga jelas yang ngeledek fisik. Ngerusak mentalitas banget. Pantesan saya sering dibully di kantor karena fisik & kharakter saya yang beda. Malah ada temen saya kalau orang macam saya ini perlu di lestarikan, untung sya orangnya sabar, coba kalau ga, udah saya sobek-sobek tu mulut. Huft.

Nah Akar permasalahan dari “perlawanan orang-orang yang ngerasa ga punya pilihan” ini sebenernya adalah akses pendidikan yang nggak merata. Tapi penyelesaiannya nggak cukup untuk ngasih mereka informasi yang kalo ga diterima, kita seenak-enaknya bilang:

“ga mau maju”

Orang yang kelaparan itu harus diberi makan biar kenyang baru dikasih kail buat memancing ikan. Itu nggak mudah. Butuh endurance yang kuat dan perasaan cinta yang ga terbatas.

Wassalam. Sorry kalo cerita saya berantakan.

Saya berharap kalo kelak kalian jadi pejabat, semoga Allah ngejaga hati kalian buat ga korupsi dan tetep mencintai rakyat-rakyat yang menurut kalian ngeselin dan ga mau maju. Bagaimanapun mereka tetep amanah.

Jangan benci sama supir angkot yang angkotnya ngetem lama. Jangan benci sama opang. Jangan benci sama pedagang liar yang dipinggir jalan dan ngasih makanan pake gula abal-abal. Jangan pernah benci sama mereka. Karena bagaimanapun mereka tetap amanah kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Miui CAF GX 12.5.3.0 Redmi Note 5 / Pro

Collection of kernel miui Nougat for kenzo

Miui-CAF Ultra 12.0.5.0 Redmi Note 5/ Pro